Diet Nutrisi Ibu Hamil

Diet Nutrisi Ibu Hamil

Berita Terbaru Gizi dan juga nutrisi bagi ibu hamil adalah salah satu hal yang paling penting harus dipenuhi selama masa kehamilan berlangsung. Resiko akan kesehatan janin yang dikandung dan ibu yang mengandung akan berkurang bila ibu hamil ini bisa mendapat gizi serta nutrisi yang seimbang. Oleh sebab itulah, keluarga dan juga ibu hamil harus lebih memperhatikan akan hal tersebut. Gizi maupun nutrisi bagi ibu hamil kondisinya sama saja dengan pengaturan gizi tentang pola makan sehat. Hanya saja, pada ibu hamil ini harus lebih hati-hati di dalam memilih makan makanan, sebab mengingat juga kesehatan janin yang dikandungnya.

Makanan adalah salah satu kunci utama untuk bisa mendapat kehamilan yang sehat. Dengan melakukan cara makan sehat ini, maka tidak hanya akan menjadikn ibu hamil lebih fit dan juga sehat, akan tetapi juga akan membantu perkembangan bagi janin yang dikandungnya. Ingat, bahwa perkembangan janin yang ada dalam kandungan Anda akan sangat bergantung dari apa yang Anda berikan dan juga lakukan baginya. Pada masa kehamilan ini, salah satu bagian terpenting di dalam membantu perkembangan janin yang ada dalam kandungan adalah apa yang akan Anda konsumsi dan bagaimana cara makan Anda selama masa kehamilan tersebut.

Diet Nutrisi Ibu Hamil

Rekomendasi diet nutrisi bagi ibu hamil

  • Memperbanyak konsumsi serat sayur, hindari sayuran yang diolah dengan santan. Ibu hamil membutuhkan sekitar 30 gram serat sayur, sebagai gambarannya, untuk setiap 100 gram sayur kangkung ini ada sekitar 1 gram serat, dan untuk setiap 100 gram sayur sawi hijau ada sekitar 1,2 gram serat.
  • Sedangkan untuk mengkonsumsi lemak baik, ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi buah alpukat yang mengandung omega 3. Buah ini mengandung lemak yang sangat baik. Tapi perlu diingat, bahwa Anda juga tidak boleh mengkonsumsinya secara berlebihan.
  • Memperbanyak konsumsi ikan, bisa ikan laut atau pun ikan tawar. Ikan laut dan juga seafoo ini berbeda, tapi Anda lebih disarankan untuk mengkonsumsi ikan laut saja.
  • Batasi juga asupan kalori. Makanan yang mengandung kalori tinggi dan miskin nutrsi seperti halnya dengan kerupuk, minuman bersoda, junk food, jajanan gorengan, dan lain sebagainya ada baiknya Anda hindari. Pilih saja makan makanan yang bernutrisi dan juga rendah kalori.
  • Cukupilah sekitar 50 persen kebutuhan energi protein harian Anda, sebab protein ini nantinya bisa membantu menjadikan Anda kenyang lebih lama, serta membantu dalam mengontrol keinginan ngemil Anda.
  • Kacang hijau, labu siam, dan juga pepaya itu adalah makanan yang baik untuk ibu hamil. Diet merupakan manajemen makan, bukanlah mengurangi porsi makan Anda. Untuk setiap 100 gram labu siam ini mengandung sekitar 1,7 gram.

Itulah tadi sekilas informasi tentang diet nutrisi ibu hamil yang dapat kami bagikan. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *