Mampukah Timnas Azzurri Italia Juara di Euro 2020



Jadwal tim nasional Italia EURO 2020 – Tim nasional Italia (Timnas) adalah salah satu unggulan di putaran final Euro 2020 mendatang. Memiliki keuntungan bermain di rumah selama fase grup, Azzurri berharap untuk menebus kegagalan mereka untuk unggul dalam lebih dari satu dekade.
Pelarian Italia ke putaran final Euro 2020 disambut gembira oleh publik negara pizza setelah gagal tampil di Piala Dunia 2018. Peluang skuad Roberto Mancini terbuka lebar untuk menunjukkan bahwa Italia masih merupakan kekuatan besar di Eropa.
Di babak final Euro 2020, Italia akan bergabung dengan Grup A dengan Turki, Wales, dan Swiss. Ketiganya bukanlah lawan yang mudah dan memiliki potensi untuk menciptakan kejutan. Sekali lagi, Italia lebih menguntungkan karena akan menjadi salah satu tuan rumah.
Dengan format baru ini, status tuan rumah akan membuat Italia selalu bermain di kandang sendiri di babak grup. Dalam hal ini Stadio Olimpico Roma terpilih sebagai tuan rumah. Tidak seperti tiga negara lain yang juga harus memainkan pertandingan di Baku, Azerbaijan, Italia akan selalu bermain di rumah.
Situasi ini tentu menguntungkan bagi Italia ketika para pesaingnya harus bermain tiga kali dalam 10 hari. Faktor kelelahan akan sangat berpengaruh karena jarak antara Baku dan Roma cukup jauh. Menurut situs web Great Circle Mapper, kedua kota berjarak 3,151 kilometer atau hampir empat jam perjalanan dengan pesawat.
Ini tentu merupakan modal awal yang baik bagi Italia untuk kembali ke jalurnya. Dalam sejarahnya, Italia memenangkan Piala Eropa sekali, Euro 1968 sekaligus. Saat itu Italia membutuhkan dua pertandingan melawan Yugoslavia untuk menjadi juara.
Dalam pertandingan perdana, kedua tim hanya bermain imbang 1-1 di Olimpico. Yugoslavia unggul melalui Dragan Dzajic tetapi disamakan dengan Angelo Domenghini.
Hasil imbang 1-1 memaksa pertandingan ulang dua hari kemudian. Di leg kedua, Italia bermain lebih meyakinkan. Skor 2-0 didapat anak-anak asuh Ferruccio Valcareggi melalui gol Luigi Riva dan Pietro Anastasi untuk membawa Azzurri meraih gelar.
Setelah itu, kinerja terbaik Italia di arena Eropa hanya menjadi runner-up, dua kali di edisi 2000 dan 2012. Untungnya, dalam masa penantian, Italia bisa merebut gelar Piala Dunia pada 1982 dan 2006.
Lantas, bagaimana dengan peluang Italia di Euro 2020 nanti?
Dimasukkannya pelatih kaliber Mancini memungkinkan Italia untuk menemukan kekuatan terbaiknya lagi. Bahkan selama babak kualifikasi, Ciro Immobile dan teman-temannya mencatat hasil yang sempurna.
Bergabung dengan Grup J dengan Finlandia, Yunani, Bosnia & Herzegovina, Armenia dan Liechtenstein, Italia memenangkan rekor sempurna 10 kemenangan dalam 10 pertandingan.
Fondasi bagus yang telah dibangun Mancini tentu akan sangat berguna di final nanti. Apalagi, pemain muda Italia berada dalam performa terbaik mereka. Sebut saja Lorenzo Pellegrini, Nicolo Zaniolo, Sandro Tonali, Gianlugi Donnarumma, atau Federico Chiesa.
Lini bakat muda ini akan dikombinasikan dengan barisan pemain yang lebih berpengalaman seperti Leonardo Bonucci, Marco Verratti, Jorginho, Ciro Immobile, atau Alessandro Florenzi.
Jadwal tim nasional Italia di Euro 2020:
13 Juni: Turki vs Italia
18 Juni: Italia vs Swiss
22 Juni: Italia vs Wales

.



Source link

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *